Selasa, 04 Oktober 2022

BASAJAN Perkuat Sinergi Majukan Pariwisata

BASAJAN Perkuat Sinergi Majukan Pariwisata



Sabang.AGN - Banda Aceh, Sabang, dan Aceh Besar (BASAJAN) sepakat untuk kembali meningkatkan kerjasama tiga wilayah menjadi satu kesatuan, terutama dalam hal membangkitkan sektor pariwisata. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemajuan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari berbagai sektor, terutama pariwisata.

"Dengan tekad bersama, BASAJAN komitmen dalam meningkatkan perkembangan pariwisata, karena ke tiga wilayah ini saling keterkaitan satu sama lain," kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Selasa (04/10/2022).

Sejak deklarasi BASAJAN tahun 2009 lalu, ketiga wilayah ini komitmen untuk saling bekerjasama regional dalam sektor pariwisata, SDM dan infrastuktur, sebagai salah satu upaya membangun BASAJAN menjadi sebuah kawasan ekonomi baru.

"Ketiga daerah ini punya potensi dan keunggulan masing-masing. Kami akan terus bersinergi bersama-sama untuk membangun dan mempromosikan sektor pariwisata, agar kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara meningkat” harapnya.

Pj Wali Kota Sabang menambahkan, selain kerjasama dalam sektor pariwisata ini, di sektor kebudayaan juga bisa diandalkan dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan tentunya ini sangat berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan daerah, yang tentunya dapat pula meningkatkan  kesejahteraan masyarakat.

"Sebagai langkah awal kita akan menyasar segmen menengah ke atas dengan adanya direct fly agar wisata Sabang semakin maju. Untuk perencanaan jangka panjang, akan kita buat paket-paket wisata yang terintegrasi agar memudahkan wisatawan ke Sabang” ujarnya.

Hal ini ditanggapi positif oleh pihak Operator Penerbangan PT. Garuda Indonesia dan PT. Citilink Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni terkait kelengkapan dokumen, meninjau ulang sarana dan prasarana, serta menentukan rute dan jadwal penerbangan yang harus direncanakan dengan baik.

Dalam pembahasan kegiatan tersebut, direncanakan Bandar Udara Maimun Saleh Sabang akan diaktifkan kembali dengan rute penerbangan Medan-Sabang.(Redaksi)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link