Minggu, 29 Mei 2022

BMKG Sabang Himbau Masyarakat Tetap Waspada Cuaca Buruk

BMKG Sabang Himbau Masyarakat Tetap Waspada Cuaca Buruk

 


Sabang.AGN -  Cuaca buruk hingga beberapa hari ke depan diprediksikan masih terus terjadi.

Oleh karena itu masyarakat Sabang diminta untuk tetap waspada menghindari lokasi atau tempat yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Demikian dikatakan, Kepala BMKG Maimun Saleh Kota Sabang, Teguh Suprapto kepada AGN, Minggu (29/5/2022).

Menurutnya, melihat update kondisi dinamika atmosfer wilayah Sabang dan sekitarnya masih berpotensi terjadi angin kencang dengan kecepatan maksimum lebih dari 70km/jam disertai hujan dengan intensitas ringan. 

Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga Rabul 1 Juni 2022,” sebutnya.


Kondisi menguatnya angin baratan yang berasal dari Samudera Hindia sebelah Barat Aceh disertai menghangatnya suhu muka laut yang menyebabkan terjadinya angin kencang disertai hujan dengan intesitas ringan. 

Hal ini mengakibatkan kenaikan tinggi gelombang di perairan Sabang dan sekitarnya hingga mencapai lebih dari 3,5 meter. 

Untuk perairan Barat dan Utara Sabang gelombang laut dapat mecapai lebih dari 4,0 meter.

"Kepada masyarakat Sabang diharapkan agar waspada terhadap pohon-pohon tinggi, tiang dan baliho yang berpotensi menyebabkan kecelakaan, serta tidak memacu kendaraan saat kondisi jalan basah," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk para nelayan dan kapal-kapal pelayaran agar lebih waspada dan tidak memaksakan diri ketika cuaca memburuk hingga kondisi kembali membaik, serta memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang BMKG.

“ Angin baratan ini bisanya sering muncul dengan tiba-tiba, sesekali akan teduh berikut juga dengan curah hujannya. Namun, apabila muncul maka kekuatannya akan lumayan besar, maka perlu diperhatikan saat melakukan kegiatan di luar rumah,” tutupnya. (D. ARJUNA)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link