Minggu, 13 Maret 2022

Putin akan Pakai Senjata Kimia Pemusnah Massal di Ukraina?

Putin akan Pakai Senjata Kimia Pemusnah Massal di Ukraina?

Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin (AP/Alexei Nikolsky)

Jakarta.AGN - Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, penggunaan senjata kimia oleh Rusia di Ukraina akan menjadi "game changer" dan "garis merah" untuk NATO. Hal itu dikatakannya dalam wawancara dengan BBC dan dilaporkan CNBC International, Minggu (13/3/2022).

"Jika dia (Rusia) menggunakan senjata pemusnah massal maka ini akan menjadi "game changer" dalam semua aspek," ujarnya.

Ia menambahkan, NATO harus "berpikir serius apa yang harus dilakukan karena itu mulai berbahaya."

Presiden Rusia Vladimir Putin dinilai sebagai pemimpin yang semakin tidak dapat diprediksi dalam konteks peperangan dengan Ukraina. Seiring perlawanan sengit yang dihadapi Rusia, Putin dikhawatirkan dapat menggunakan senjata yang tidak konvensional dan dilarang.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengingatkan kalau Rusia dapat menggunakan senjata kimia dalam mendukung serangan ke Ukraina. Demikian disampaikan Stoltenberg dalam wawancara dengan Welt am Sonntag dan dilaporkan Reuters, Minggu (13/3/2022).

Menurut dia, serangan semacam itu merupakan kejahatan perang. Akan tetapi, Rusia akan menciptakan pembenaran awal untuk menggunakan senjata kimia.

"Dalam beberapa hari terakhir, kami telah mendengar klaim yang tidak masuk akal tentang senjata kimia dan biologi," ujar Stoltenberg dikutip CNBC International.

Ia menambahkan Kremlin menciptakan dalih palsu untuk membenarkan sesuatu yang tidak dapat dibenarkan.

Dilansir dari laman CNBC Indonesia

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link