Musrenbang Perdana Kecamatan Sukamakmue

Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Kota Sabang, Andri Nourman AP. M.Si

Sabang.AGN - Pemerintah Kota Sabang laksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sukamakmue Sabang tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kecamatan Sukakarya Sabang, Selasa (15/3/2022).

Wali Kota Sabang yang diwakili Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Kota Sabang, Andri Nourman AP. M.Si mengatakan, penyelenggaraan Musrenbang adalah salah satu tahapan dalam penyusunan RKPK Tahun 2023 yang rutin dilakukan setiap tahun.

Dimana program prioritas akan tersampaikan secara nasional, dimulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kab/kota sampai ke tingkat nasional.

"Musrenbang kecamatan Sukamakmue adalah yang pertama tahun ini sejak pembentukan kecamatan itu disahkan, mudah-mudahan awal ini menjadi kesempatan yang baik bagi Kita semua, dalam menyusun program prioritas yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan serta aspirasi masyarakat," kata Andri Nourman.

Dijelaskan, dalam mewujudkan pembangunan yang tepat, keikut-sertaan dan partisipasi masyarakat dalam tahapan proses mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi yang mutlak diperlukan.

Menurutnya, perlu diterapkan sistem perangkingan terhadap program-program prioritas yang akan dilaksanakan. Sehingga program tersebut akan mengacu pada skala prioritas, agar dalam realisasinya berbagai program pembangunan yang akan dilaksanakan benar-benar tepat sasaran dan sesuai kebutuhan gampong.

Lebih lanjut Andri Nourman mengatakan, semua pihak harus melakukan penyesuaian, dengan segala keterbatasan seharusnya kita semua bisa bersama-sama untuk merencanakan dan memprioritaskan hal yang harus segera dilaksanakan. 

"Ini mungkin menjadi satu acuan untuk berjuang bersama agar program-program dapat terlaksana sesuai dengan harapan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Sukamakmue, Nurmansyah Putra S.STP mengharapkan kegiatan ini dapat menambah informasi dan menampung berbagai aspirasi masyarakat yang akan menjadi prioritas pelaksanaan pembangunan dalam wilayah Kecamatan Sukamakmue Kota Sabang.

Dimana saran dan pendapat masyarakat akan ditampung oleh pemerintah dalam membuat suatu dalam penyusunan RKPK Tahun 2023.

"Melalui kegiatan ini sinergi antara Pemerintah dengan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan daerah akan tercapai sesuai dengan harapan. Semoga forum Musrenbang ini dapat menjadi wadah untuk menampung dan mewujudkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah," tambahnya lagi.(Redaksi)

 

0 Komentar