Intip Garasi Menko Luhut yang Disebut-sebut Jadi Pejabat Paling Tajir di Indonesia

 

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Andhika Dwi Saputra

Jakarta.AGN - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, disebut-sebut menjadi pejabat paling tajir di Indonesia. Bicara isi garasi, apa saja mobil dan motor yang dimiliki Luhut?

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut Luhut sebagai salah satu orang super kaya di Indonesia dengan tarif pajak sebesar 35%. "Pak Luhut itu berkali-kali bilang harga batu bara naik, setoran ke pemerintah naik tapi pajaknya pak Luhut pribadi juga meningkat pasti ke 35%," ujar Sri Mulyani Selasa (8/3/2022), dikutip dari detikFinance.

Pernyataan itu diucapkan Sri Mulyani dalam sambutannya di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Sri Mulyani dan beberapa pejabat lainnya seperti Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Mahfud MD, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Irjen TNI Bambang Suswantono melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak melalui e-filling.

Dengan nada bercanda, Sri Mulyani pun menyebut Luhut sebagai pejabat paling tajir di Indonesia. "Makanya saya sampaikan, beliau harus hadir hari ini. Tadinya agak berhalangan. Saya bilang kalau Menko paling tajir nggak datang, nanti simbolnya jadi kurang baik," kata Sri Mulyani yang disambut tawa Luhut dan pejabat lainnya.

Mengutip data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan kepada KPK, Menko Luhut memiliki total harta kekayaan senilai Rp
745.188.108.997. Harta itu dilaporkan Luhut pada 24 Maret 2021 untuk periodik 2020.

Bicara soal selera otomotif, Luhut tercatat memiliki beberapa mobil dan motor. Terdiri dari tiga unit mobil, dan dua unit sepeda motor. Total alat transportasi dan mesin yang dimiliki Luhut memiliki nilai Rp 2.485.097.000.

Rinciannya, pertama Luhut memiliki mobil Isuzu Panther tahun 2006. Mobil hasil sendiri itu ditaksir memiliki nilai Rp 60 juta.

Selanjutnya ada mobil mewah Lexus LS 460 AT Tahun 2016. Sedan mewah yang juga diperoleh dari hasil sendiri itu memiliki nilai Rp 1,5 miliar.

Kemudian mobil mewah lain yang dimiliki Luhut adalah Toyota Alphard 3.5 Q AT tahun 2016. Mobil itu memiliki nilai Rp 900 juta.

Untuk sepeda motor, Luhut memiliki dua motor Honda, yang terdiri dari motor bebek dan motor matic. Pertama ada motor Honda Revo tahun 2015 dengan nilai Rp 7.450.000. Selanjutnya ada motor matic Honda BeAT tahun 2020 dengan nilai Rp 17.647.000.

Dilansir dari laman detikoto


0 Komentar