Ragam Wisata di Anjungan Kota Sabang pada PKA-8

Foto | Pj Wali Kota Sabang bersama Kepala OPD di jajaran Pemko Sabang saat di anjungan Kota Sabang

Sabang.AGN - Pemerintah Kota Sabang  ikut menyukseskan dan  berpartisipasi dalam Pameran Anjungan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 Tahun 2023. 

Pameran PKA ke - 8 ini berlangsung selama 9 (Sembilan) hari dari tanggal 4 s/d 12 November 2023 di Banda Aceh, Sabtu (10/11/2023).

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang, Faisal Azwar saat diwawancarai mengatakan, Anjungan Kota Sabang mengusung tema “ The Golden Island “ yaitu sebuah pulau  yang terlihat keemasan pada sore hari saat matahari tenggelam ke ufuk barat. 

Foto | Rempah yang menjadi perdagangan di Kota Sabang

Pada masanya, Kota Sabang juga menjadi salah satu Pelabuhan terkemuka dalam jalur perdagangan internasional. Dalam pameran kali ini Kota Sabang menyajikan wisata cerita tentang jalur rempah, sejarah, kuliner, wastra dan kesenian. 

" Air laut di pantai dan gugusan  pulau ini selalu memantulkan sinar matahari berwarna kuning keemasan," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kota Sabang juga memiliki rempah-rempah yang bernilai sangat tinggi, diantaranya adalah merica dan cengkeh. Hingga saat ini cengkeh adalah salah satu komoditas perdagangan yang penting di Sabang.

Selain itu, jalur rempah sebagai jalur perdagangan  tidak hanya memberikan pengaruh besar pada jalur  perdagangan namun juga pada Jalur wastra dan kriya Nusantara. 

" Wisata Jalur Wastra, Kota Sabang memperkenalkan motif Bungong Ue dan ombak yang merupakan motif ciri khas Kota Sabang. Selain itu juga menampilkan produk kerajinan kayu kelapa yang menjadi souvenir andalan Kota Sabang," terangnya.

Foto | Pj Ketua TB PKK Kota Sabang saat melihat hasil tenun motif Bungong Ue

Faisal Azwar juga mengatakan, setiap harinya anjungan Kota Sabang selalu dipadati pengunjung. Antusias  dan tampak menikmati setiap jalur rempah yang disajikan dan ditampilkan di anjungan. 

Selain itu pengunjung bisa menikmati pesona bawah laut Kota Sabang yang sangat indah. Atraksi kuliner yang disajikan juga tak kalah menarik seperti Teut Lempeng, Coklat Sabang, kue khas Sabang,  Peungat dan peulemak Jamelan.

“ Harapan kami semoga anjungan Kota Sabang dapat meraih juara dan mejadi stand terbaik serta diminati pengunjung, PKA ini juga merupakan ajang promosi memperkenalkan budaya dan pariwisata sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Sabang ‘, ujar Faisal Azwar selaku Plt. Kadispar Kota Sabang.(Redaksi)

0 Komentar