Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Siap Digerakan - Aceh Global News

Header Ads

test

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Siap Digerakan

Pj. Kota Sabang Drs Reza Fahlevi M.Si
Pj Wali Kota Sabang Drs Reza Fahlevi M.Si Saat mengujungi kawasan Wisata Gamong Jaboi


PEJABAT Wali Kota Sabang Drs Reza Fahlevi M.Si menyatakan Pemerintah Kota Sabang siap menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ke arah yang lebih baik.

Dengan dukungan serta komitmen dari semua pihak, baik unsur Forkopimda, instansi terkait, para camat dan keuchik serta stakeholder lainnya diyakini akan dapat terwujud.

Menurutnya, untuk menarik minat wisatawan di suatu daerah tidak cukup hanya pada keindahan alam dan kekayaan biota lautnya. Akan tetapi harus didukung sektor pelayanan lainnya seperti kuliner, penginapan, destinasi dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk mempercepat pemgembangan pariwisata Sabang dan ekonomi kreatif sangat diperlukan peran aktif masyarakat Sabang khususnya para pelaku wisata.

Tentunya, untuk mempercepat pencapaian tersebut Pemerintah Kota Sabang akan terus berupaya mendukung berbagai kekurangan untuk menuju perbaikan ke arah yang lebih baik lagi.

Pertemuan para pelaku wisata Gampong Pasir Putih dengan Pj Wali Kota Sabang Drs Reza Fahlevi M.Si.

"Kita ingin wisatawan yang datang berkunjung ke Sabang itu selain merasa nyaman juga betah menikmati keindahan Sabang.

Sehingga para wisatawan merasa terkesan selama berada di Sabang, bahkan ada keinginan untuk datang kembali membawa kerabat dan sahabat mereka lainnya.

Ini lah yang perlu kita gerakan bagaimana cara kita tingkatkan berbagai fasilitas dan pelayanan lainnya untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Sabang," ujarnya.

Tugas utama terpenting dari ini adalah, salah satunya harus terus berbenah diri dari kekurangan seperti menerima masukan yang disampaikan dari berbagai pihak dengan tujuan untuk mencapai perbaikan positif baik itu dari wisatawan maupun dari masyarakat. 

Contohnya, seperti yang diutarakan tokoh masyarakat dan pelaku wisata di Gampong Iboih, dimana menurut mereka masih banyak hal yang harus ditingkatkan untuk menggerakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sabang.

Terutama sekali bagaimana upaya pemerintah daerah untuk terus meningkatkan pemberdayaan Sumber Daya manusia, meningkatkan sarana dan prasarana ekonomi kreatif, air bersih hingga inovasi tempat wisata baru.

Pj Wali Kota Sabang Drs Reza Fahlevi M.Si. bersama Kadis Pariwisata dan Sekretaris Pariwisata Kota Sabang tinjau lokasi wisata pantai Gapang

" Dari masukan tersebut kita harus semangat berbenah dan menata sektor pariwisata yang ada di Kota Sabang ini. Semua masukan yang disampaikan masayarakat maupun para wisatawan sejak saya dilantik menjadi Pj Wali Kota Sabang merupakan PR penting untuk kita terus berbenah.

Kita akan segera lakukan pemetaan dan skala prioritas, untuk pengembangan sektor pariwisata peran media sangat dibutuhkan sekali, karena dari publis media itu penyampaian pastinya akan lebih akurat dan lebih detail dalam mempromosikan pariwisata Sabang.

Termasuk juga informasi lewat media sosial harus bisa dimanfaatkan para pelaku wisata untuk menawarkan paket perjalanan wisata ke Sabang, dan itu sudah banyak berhasil diterapkan di daerah-daerah wisata lain di Indonesia, ini yang harus kita lakukan sekarang," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebenarnya masyarakat dan pelaku usaha wisata Sabang sudah harus berada pada fase tersebut, namun sistemnya perlu diperhatikan, dibenahi, dan ditingkatkan.

Seperti sistem pemesanan secara online, agar wisatawan yang memesan mendapatkan informasi aktual terkait penginapan dan lainnya.

Para pelaku wisata Gampong Iboih menyampaikan masukan kepada Pj Wali Kota Sabang Drs Reza Fahlevi M.Si

Selain itu, adanya masukan untuk dibuat loker penyimpanan barang sebelum wisatawan menyeberang ke Pulau Rubiah menjadi catatan penting.

Karena masukan tersebut sangat positif sebagai bentuk meningkatkan atau memberikan pelayanan untuk para wisatawan.

Sementara terkait masukan pengembangan Sumber Daya Manusia akan menjadi catatan penting Pemerintah Kota Sabang. Dan ini akan diinventarisasi jenis pelatihan apa yang pantas untuk peningkatan SDM tersebut.

"Sebab, diperlukan keahlian dari masing-masing bidang seperti open water, rescue, guide dan bidang lainnya. Termasuk juga dalam meningkatkan mutu dan kreatifitas ekonomi kreatif perlu diadakan pelatihan souvenir, kuliner, pengelolaan hotel dan lain sebagainya, semua masukan ini nanti akan kita tindak lanjuti, mudah-mudahan saja patawisata Sabang akan lebih baik lagi," ujarnya.

"Pada intinya saya mengajak seluruh para pelaku pariwisata baik dari sisi industri, transportasi, akomodasi, kuliner dan lainnya, bersama-sama melakukan pembenahan dan meningkatkan daya tarik wisata melalui berbagai keunggulan yang ada. Keunggulan pertama Kota Sabang ada di wisata baharinya, khususnya diving dan snorkeling. 

Kemudian yang kedua, ada budaya dan heritage, juga desa wisata yang secara potensi sangat bagus. Ini menjadi atraksi atau menjadi daya tarik yang mendatangkan wisatawan ke Sabang dan perlu kita tingkatkan bersama-sama," demikan tutup Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Tidak ada komentar