Dandim Sabang, Pelatihan Kebencanaan harus Dilakukan Secara Berulang

 

Foto | Foto bersama Forkopimda Kota Sabang usai pelaksanaan apel gelar pasukan di lapangan Yos Sudarso Sabang

Sabang.AGN – Komandan Kodim 0112 Sabang, Letkol Inf Ahmad Sobirin mengatakan, edukasi dan pelatihan bagi masyarakat untuk mengantisipasi potensi bencana harus dilakukan secara berulang guna kesiap siagaan petugas dalam menghadapi segala situasi dan kondisi.

Hal tersebut dikatakan Dandim Sabang 0112 Sabang saat diwawancarai oleh Wartawan usai apel gelar pasukan dalam rangka penanggulangan bencana alam terintegrasi dan bersinergi bersama forkopimda sabang dan komponen bangsa lainnya di lapangan Yos Sudarso Sabang, Senin (05/06/2023).

Menurutnya, dengan kondisi Pulau Weh (Sabang) ini yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan maka skenario penyelamatan dan evakuasi diri bagi masyarakat harus menjadi hal yang harus diketahui bersama, sehingga kita tidak ingin upaya - upaya yang seharusnya dilakukan pada saat pra-bencana justru dilupakan.

“ Kondisi Pulau Weh (Sabang) ini terdiri dari hutan tropis, pegunungan dan perbukitan serta pantai, sangat rawan akan kebencanaan seperti tanah longsor, erosi pantai, kebakaran bahkan gempa bumi. Maka, skenario dan simulasi bencana serta cara penangannya harus dilakukan secara berulang agar para petugas siap menghadapi kondisi apapun,” terang Dandim Ahmad Sobirin.

Kegiatan melibatkan sebanyak 200 orang peserta dari TNI dan Polri, BPBD Sabang, SAR Sabang, PMI Sabang, petugas tenaga Kesehatan, RAPI Sabang dan FKPPI Sabang.(Redaksi)

0 Komentar